Setiap organisasi atau perusahaan memiliki persyaratan
format surat rekomendasi yang berbeda. Pastikan untuk bertanya kepada
pemohon tentang pedoman khusus. Secara sederhana, surat rekomendasi
terdiri dari tiga bagian yakni pendahuluan, isi, dan penutup.
Surat-surat ini lebih profesional dan langsung. Semakin penulis mengenal
kandidat, semakin mereka dapat menulis tentang pekerjaan orang dan
karakter keduanya. Lebih rincinya, berikut ini format surat
rekomendasi:
- Tanggal
- Nama penerima
- Judul Penerima
- Alamat penerima
- Salam
Pihak penerima dengan nama jika memungkinkan (Bapak/Ibu yang terhormat).
- Perkenalan pribadi
Mulailah isi surat Anda dengan memperkenalkan siapa Anda dan hubungan Anda dengan pelamar.
- Rekomendasi
Apa yang membuat kandidat cocok? Tawarkan contoh khusus keterampilan atau kualifikasi yang sesuai dengan peran tersebut.
- Berikan contoh
Sertakan contoh pribadi tentang bagaimana rasanya bekerja
dengan kandidat. Sertakan keterampilan tempat kerja atau orang yang
Anda amati mereka miliki.
- Penutup
Berikan ikhtisar mengapa Anda merekomendasikan orang ini.
- Informasi kontak
Berikan alamat email dan nomor telepon Anda sehingga penerima dapat menindaklanjuti.
- Tanda tangan
BACA JUGA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar