Jenis/bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian,
yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang
dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun type
bisnisnya sangat banyak.
Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya :
A. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)
Saat ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia,
khususnya masyarakat urban. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua
orang sudah punya smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya
Aplikasi WhatsApp di smartphone miliknya agar bisa langsung promosi
siomay dagangannya ke pelanggan.
Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan
beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay
Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa),
dan lain sebagainya.
Berikut penjelasannya :
1. PPC (Pay Per Click)
Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website/ blog
untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka, misalnya
Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan
lain-lain.
Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari
kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan
yang ada di sebuah situs.
Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang
dilakukan oleh pengunjung situsnya, dimana harga per kliknya sudah
ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan
tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid
oleh Advertiser.
Program PPC ini merupakan salah satu model bisnis online yang sangat
menjanjikan. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya
:
- Google Adsense
- Bidvertiser
- Chitika
- Infolinks
- Kumpul Blogger
- Sitti
- ID Blog Network
- AdsenseCamp
- KlikSaya
Dan lain-lain
2. PPS (Pay Per Sale)
Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita
akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link
affiliasi milik kita.
Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang
dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.
Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya :
- Amazon.com
- Clickbank.com
Dan lain-lain
3. PPL (Pay Per Lead)
Ini adalah program affiliasi dimana penjual/ vendor akan memberikan
komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/
vendor.
Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email
newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi
milik kita.
Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.
4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain
Sekarang ini, menjual sesuatu lewat internet bukanlah sesuatu yang luar
biasa. Kita bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun
jasa.
Selain itu, bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet
lho. Misalnya kita punya usaha jualan bawang goreng, jual saja lewat
internet, pasti ada yang beli
Selain menjual produk sendiri, kita juga bisa mendapatkan penghasilan
dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik ataupun
produk digital. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual
produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper
produk orang lain.
Begitu juga dengan pada produk digital, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.
5. Pelelangan (Online Auction)
Di internet juga ada tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik
orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini
bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada
orang yang menawar dengan harga tertinggi.
Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online yaitu
- eBay.com
- Flippa.com
Dan lain-lain
B. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, promosi online adalah salah
satu bentuk dari pemasaran online. Tidak peduli produk atau bisnis apa
yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat
efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal
banyak orang.
Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet,
diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui
iklan PPC (PPC Ads), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social
Media Marketing.
Berikut penjelasannya :
1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah bentuk promosi online yang sangat di sukai karena gratis.
Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu
yang tidak sebentar. Bahkan seringkali SEO justru membutuhkan biaya
untuk melakukan optimasi.
Itulah sebabnya ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang
untuk menyewa jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam
halaman utama hasil pencarian search engine.
2. SEM (Search Engine Marketing)
Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini adalah iklan PPC (pay
per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari.
Di Indonesia, Google adalah search engine yang paling sering digunakan
di internet.
Untuk kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan
melihat iklan di bagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian
sebuah kata kunci. Banyak pakar internet marketing mengatakan bahwa
Google Ads adalah metode pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena
halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen dari
mesin pencari.
Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan
kita tampil di mesin pencari. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan
yang sesuai dengan budget yang ada.
3. Email Marketing
Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran produk
atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing
ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan
beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat
efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada
pemilik akun email tersebut.
Catatan penting yang harus diingat adalah kita tidak boleh melakukan
SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentunya akan merugikan kita
sendiri karena si pemilik email bisa melakukan unscribe atau memasukkan
email kita ke dalam daftar SPAMMER.
4. Mobile Advertising
Mobile advertising adalah, layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile.
Seperti kita ketahui, pengguna smartphone saat ini sudah sangat jamak,
dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi. Inilah yang membuat
mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis.
Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.
6. Social Media Marketing
Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media
dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan
kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna
sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.
Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook,
Twitter, Google+, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak.
Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.
Media sosial juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan
oleh internet marketer untuk mendulang trafik dan penjualan.
Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah :
- Facebook Ads
- Twitter Ads
- Instagram Ads
- YouTube Ads
Dan lain sebagainya
Wah ternyata menarik banget kan internet marketing itu ... agan/sista,
banyak peluang bisnis dan keuntungan yang luar biasa bisa kita dapatkan
dari bentuk internet marketing ini.
Yang tentunya bisa mendatangkan pundi-pundi keuangan untuk kita
Rugi banget kan kalo agan/sista tidak mempelajari dan menguasainya.
Layak banget nih buat dipelajari ..
Kebetulan juga ane ada tempat kursus recommended banget nih buat
agan/sista dijamin deh bakal lebih gampang dan cepet belajar internet
marketing di
Babastudio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar