Sabtu, 27 Mei 2023

Arti dan Manfaat Brand Awareness bagi Bisnis

 Arti dan Manfaat Brand Awareness bagi Bisnis

Seperti kita ketahui bahwa untuk membuat calon konsumen dapat mengingat sebuah merek dan produk atau jasa yang dijualnya, perlu dibangun sebuah perspektif bagi calon konsumen tersebut. Misalnya sebuah merek mesti memiliki ciri khas huruf dan warna tertentu yang membentuk menjadi ikon atau logo bisnis/usahanya. Dengan ciri khas logo yang unik, calon konsumen tentu akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Sebut saja logo mobil Mercy akan membedakannya dengan logo mobil Toyota. Calon konsumen mudah mengingat dan membedakan logo di antara kedua merk mobil ini. Ingatan para calon konsumen yang mampu mengenal dan membedakan logo kedua mereka mobil tersebut menggambarkan apa yang disebut dengan Brand Awareness.


Arti Brand Awareness
Arti dan Manfaat Brand Awareness bagi Bisnis

Brand awareness dapat terbangun dengan cara menjalankan strategy branding yang tepat dan profesional. (Gbr. freepik.com).

Dalam perspektif sederhana, Brand Awareness merupakan sebuah bentuk kemudahan untuk mengingat suatu merek dari produk atau jasa yang dijual. Kemampuan calon konsumen yang langsung mengenali suatu merek dengan melihat ciri khas huruf dan warna yang mengambarkan identitas suatu bisnis/usaha dalam bentuk logo inilah yang disebut brand awareness. Sederhananya brand awareness merupakan sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh konsumen.


Menurut Hubspot, brand awareness adalah sebuah bentuk keakraban antara calon konsumen dengan sebuah merek dan seberapa baik mereka mengenalinya.
Secara umum brand awareness dapat menunjukkan bagaimana calon konsumen mengenali sebuah merek dan produk atau jasa yang dijual. Hal ini dapat diketahui dari cara calon konsumen merespon setiap kali melihat produk atau jasa yang ditawarkan. Jika mereka mengacuhkannya, itu bisa menggambarkan bahwa tingkat brand awareness dari sebuah bisnis masih rendah. Oleh sebab itu, membangun brand awareness sejak dari tahap awal bisnis merupakan langkah yang sangat tepat untuk memasarkan perusahaan dan produk atau jasanya.

Agar calon konsumen dapat mengingat dan mengenal dengan baik sebuah merek dan produk atau jasa yang dijual, maka perlu dipelajari cara untuk membangun brand awareness ini. Hal ini sangat penting dan mesti serius dikerjakan guna mempengaruhi para calon konsumen untuk mengingat dan mengenal merek dari produk atau jasa yang dijual. Brand awareness yang terbentuk akan mempengaruhi calon konsumen uantuk membuat keputusan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang dijual.


Untuk menunjang terbangunnya sebuah brand awareness, perlu memahami perilaku calon konsumen terhadap sebuah produk dan jasa. Hal ini dijalankan sebagai strategi promosi dan penjualan yang komprehensif dalam rangka mengembangkan usaha/bisnis.


Menjadi penting untuk menciptakan image produk atau jasa yang berkualitas baik agar menjadi perhatian calon konsumen. Buatlah image produk atau jasa yang memiliki nilai pembeda dengan produk atau jasa sejenis yang sudah dikenal oleh calon konsumen. Mulai dari nama brand, nama produk, warna, logo dan huruf mesti memberikan ciri khas yang mudah diingat oleh calon konsumen. Semakin baik image produk atau jasa dari merek sebuah usaha/bisnis yang dibangun, akan memudahkan calon konsumen untuk mengingatnya. Bahkan merekomendasikannya kepada orang-orang yang dikenalnya.


Manfaat Brand Awareness
Arti dan Manfaat Brand Awareness bagi Bisnis

Membangun brand awareness mesti sejak awal bisnis dimulai. (Gbr. freepik.com).

Pembentukan brand awareness yang baik dengan strategi branding yang tepat tentu akan mendatangkan feedback yang besar bagi sebuah usaha/bisnis. Strategi branding yang baik dan tepat ini tentu akan membentuk perspektif positif bagi calon konsumen. Promosi yang menarik dan berkesan bagi masyarakat dan calon konsumen akan semikin meningkatkan brand awarenesnya. Dengan demikian jangkauan pasar yang ditargetkan menjadi semakin besar.


Hal ini menggambarkan bahwa brand awareness yang tinggi dapat menjadikan produk atau jasa yang dijual dapat dengan mudah bersaing di pasaran. Lalu, apa saja manfaat brand awareness dalam dunia usaha/bisnis? Berikut manfaat yang diperoleh sebuah usaha/bisnis jika memiliki brand awareness yang tinggi dari calon konsumen, di antaranya:


Merek Mudah Dikenal
Dengan brand awareness yang tinggi, secara otomatis menjadikan sebuah merek (brand) lebih mudah dikenal luas oleh masyarakat dan calon konsumen. Biasanya merek yang memiliki ciri yang unik dari nama, warna, huruf, dan logo akan lebih mudah diingat. Semakin unik dan mudah diingat menyebabkan sebuah brand akan menjadi pilihan calon konsumen.


Meningkatkan Penjualan
Dengan brand awareness yang baik, menjadikan sebuah merek dan produk atau jasa yang dijualnya mudah dikenal dan diingat dengan baik. Hal ini dapat membuat seorang calon konsumen berpotensi besar untuk membeli produk yang dijual atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Ini tentu akan meningkatkan angka penjualan.

Memperoleh Konsumen Baru
Sebuah brand (merek) dari produk atau jasa yang mendaparkan perspektif positif di masyarakat dan calon konsumen memiliki potensi yang besar untuk menambah konsumen (pembelinya)nya.

Menaikkan Nilai Jual
Sebuah strategi branding dengan membuat kemasan yang unik, promosi bundling akan meningkatkan brand awareness dari sebuah produk atau jasa yang dijual. Peningkatan brand awareness mesti diikuti oleh kualitas produk yang baik dan layanan konsumen yang profesional. Sehingga jika harga produk atau jasa dari produk ini suatu ketika menjadi sedikit lebih mahal dari produk sejenis, masih tetapi dibeli.

Meningkatkan Kepercayaan
Brand awareness yang baik secara langsung akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap sebuah merek dan produk atau jasa yang dijual. Calon konsumen yang percaya terhadap merek dari produk atau jasa tersebut memiliki potensi untuk terus menggunakannya.

Meningkatkan Traffic Website Brand
Brand awareness yang tinggi terhadap sebuah brand dan produk atau jasa, dapat meningkatkan traffic atau kunjungan ke website brand. Tingginya traffic menggambarkan banyak calon konsumen yang ingin tahu jenis brand dari produk atau jasa yang ditawarkan. Maka penting memiliki informasi yang detail terkait usaha/bisnis dan produk atau jasa yang ditawarkan agar calon konsumen menemukan jawaban atas pencarian mereka. Sebagai pemilik usaha/bisnis mesti memberikan effort yang maksimal seperti membuat desain website yang memiliki kecepatan aksesnya dan melengkapi fitur dan navigasi yang relevan.


Memperluas Jaringan dan Target Pasar
Semakin popular suatu brand, akan semakin besar potensi pembelian terhadap sebuah produk atau jasa. Dengan demikian semakin besar pula jaringan/relasi yang dimiliki sebuah usaha/bisnis. Di saat yang bersamaan, target (pangsa) pasar pun kian luas. Hal ini akan membuat usaha/bisnis yang dijalankan bisa berkembang maju.


Demikian ulasan singkat MAS-IT terkait Arti Brand Awareness dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat.***



BACA JUGA :

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar