Jumat, 26 Mei 2023

Format dan Struktur Surat Rekomendasi

 

Surat rekomendasi terdiri dari tiga bagian yakni pendahuluan, isi, dan penutup. (Foto: Pexels – Cytonn Photography)
Setiap organisasi atau perusahaan memiliki persyaratan format surat rekomendasi yang berbeda. Pastikan untuk bertanya kepada pemohon tentang pedoman khusus. Secara sederhana, surat rekomendasi terdiri dari tiga bagian yakni pendahuluan, isi, dan penutup. Surat-surat ini lebih profesional dan langsung. Semakin penulis mengenal kandidat, semakin mereka dapat menulis tentang pekerjaan orang dan karakter keduanya. Lebih rincinya, berikut ini format surat rekomendasi:
  • Tanggal
  • Nama penerima
  • Judul Penerima
  • Alamat penerima
  • Salam
Pihak penerima dengan nama jika memungkinkan (Bapak/Ibu yang terhormat).
  • Perkenalan pribadi
Mulailah isi surat Anda dengan memperkenalkan siapa Anda dan hubungan Anda dengan pelamar.
  • Rekomendasi
Apa yang membuat kandidat cocok? Tawarkan contoh khusus keterampilan atau kualifikasi yang sesuai dengan peran tersebut.
  • Berikan contoh
Sertakan contoh pribadi tentang bagaimana rasanya bekerja dengan kandidat. Sertakan keterampilan tempat kerja atau orang yang Anda amati mereka miliki.
  • Penutup
Berikan ikhtisar mengapa Anda merekomendasikan orang ini.
  • Informasi kontak
Berikan alamat email dan nomor telepon Anda sehingga penerima dapat menindaklanjuti.
  • Tanda tangan



BACA JUGA :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar