Jumat, 26 Mei 2023

Jenis-Jenis Surat Rekomendasi

 

Surat ini biasanya terdiri dari beberapa kategori yang didasarkan pada tujuan penggunaan. (Foto: Pexels – Third Man)
Surat rekomendasi dibuat untuk memberikan impresi yang kuat untuk sejumlah pribadi dengan kepentingan masing-masing. Tak mengherankan surat ini biasanya terdiri dari beberapa kategori yang didasarkan pada tujuan penggunaan. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa jenis surat rekomendasi di antaranya:

Rekomendasi Kerja

Jenis surat rekomendasi ini dibuat oleh atasan untuk memberikan keterangan tentang pegawai yang memohon surat tersebut. Bagi perusahaan, surat ini merupakan dokumen penting yang memiliki banyak fungsi. Karena menerangkan status pegawai saat itu sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi HRD saat melakukan evaluasi dan memudahkan untuk mencari pekerjaan pada saat resign

Surat Rekomendasi Beasiswa

Biasanya surat rekomendasi beasiswa dibutuhkan oleh para pelajar yang menargetkan jenis beasiswa tertentu. Contohnya adalah beasiswa melanjutkan pendidikan, beasiswa keringanan biaya sekolah, beasiswa penelitian dan beasiswa pertukaran pelajar.

Rekomendasi Sekolah

Surat rekomendasi ini untuk melanjutkan sekolah. Sebagai contoh, mahasiswa yang telah lulus ingin melanjutkan ke program S2, maka ia membutuhkan rekomendasi kuliah S2 dari kampus sebelumnya. Selain itu, bagi siswa yang akan pindah sekolah juga memerlukan surat tersebut. Dengan begitu, pihak sekolah yang dituju akan percaya bahwa siswa tersebut berperilaku baik.
Surat rekomendasi bisa dibilang sebagai surat yang menyatakan penilaian terhadap kapabilitas maupun kinerja seseorang. Mirip-mirip seperti cari rumah, perumahan dengan rekomendasi pengembang yang bagus tentu akan lebih meyakinkan. Lagi cari rumah di kawasan Bojongsari? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!



BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar