Rabu, 24 Mei 2023

Lembaga Pemerintah Ini Tawarkan Kuliah Gratis di Luar Negeri

 

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri, selalu mendapat nilai tambah tersendiri. Minat ini didorong oleh beberapa alasan positif yaitu, dapat memberikan pengalaman hidup tersendiri serta mendapat kesempatan untuk mencicipi ragam budaya baik dari negara tersebut maupun masyarakatnya.

Tak hanya itu, menjadi mahasiswa internasional juga membuat jaringan sosial seseorang menjadi lebih luas, karena dapat menjalin pertemanan dengan orang dari berbagai negara. Banyak dari Anda yang mungkin berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri dan mengincar beasiswa agar terbantu secara finansial.

Seperti diketahui, setiap tahunnya lembaga pemerintah Indonesia menawarkan beragam program beasiswa yang diperuntukan bagi anak bangsa yang berprestasi. Beasiswa di tawarkan kepada individu dengan berbagai latar belakang seperti, mahasiswa, masyarakat umum, dosen, tenaga kependidikan bahkan pegawai pemerintahan.

Program beasiswa pun tak tanggung-tanggung meliputi berbagai tingkat pendididikan dari program pendidikan S1, S2 hingga S3. Tak hanya menawarkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri, beberapa lembaga pemerintah juga membuka program beasiswa pendidikan di luar negeri.

Secara umum, untuk beasiswa luar negeri merupakan beasiswa penuh yang meliputi, biaya pendidikan serta biaya hidup saat menempuh pendidikan di luar negeri. Dari beberapa program beasiswa yang rutin dibuka oleh lembaga pemerintah setiap tahunnya, berikut tiga program beasiswa yang cukup populer dalam memberikan beasiswa pendidikan ke luar negeri.

Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan sebuah lembaga pemerintah yang rutin membuka program beasiswa kepada anak bangsa terbaik yang berprestasi dalam akademik serta memiliki keterampilan lain seperti, kepemimpinan, sikap dan tekad kuat dalam membangun Indonesia.

Khusus untuk program beasiswa LPDP yang ditawarkan dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri, adalah beasiswa untuk program S2 dan S3. Beasiswa untuk jenjang Magister dan Doktoral ini merupakan beasiswa yang dibiayai penuh oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP. Pembiayaan penuh tersebut meliputi, biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, biaya Visa, biaya tunjangan keluarga dan biaya lainnya selama menempuh pendidikan di luar negeri.

Selain itu, LPDP juga memberikan beasiswa bagi yang sedang menjalani pendidikan S2 dan S3 baik di dalam maupun di luar negeri, namun mengalami kesulitan biaya dalam menyelesaikan tesis maupun disertasinya. Bantuan beasiswa ini akan diberikan dengan mempertimbangkan dana yang diajukan oleh pemohon beasiswa. Secara umum, beasiswa untuk penyelesaian tesis dibiayai maksimal untuk satu tahun, sedangkan penyelesaian disertasi dibiayai maksimal untuk dua tahun.

Beasiswa DIKTI

Beasiswa DIKTI merupakan program beasiswa S1, S2 hingga S3, dengan menawarkan pembiayaan penuh meliputi, biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya perjalanan. Target Beasiswa DIKTI sendiri diperuntukkan bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

Setiap tahunnya, DIKTI membuka beasiswa ke luar negeri bagi dosen dan tenaga kependidikan. Tak main-main, universitas luar negeri yang dipilih oleh penyandang beasiswanya harus universitas yang sudah memenuhi standar kualitas oleh lembaga DIKTI. Dengan demikian, universitas yang dipilih merupakan universitas ternama secara global dan sudah berstandar internasional.

Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menawarkan beasiswa bagi seluruh masyarakat Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan tingkat S1, S2 dan S3. Tak hanya beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri, Kemendikbud juga membuka program beasiswa unggulan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Salah satu beasiswa yang ditawarkan yaitu, program beasiswa Masyarakat Berprestasi. Beasiswa tersebut memberi kesempatan beasiswa anak bangsa berprestasi untuk menempuh pendidikan SI, S2 dan S3 di luar negeri. Beasiswa ini memberikan pembiayaan penuh meliputi, biaya pendidikan, biaya hidup, biaya visa, biaya penelitian, biaya buku, biaya tunjangan kedatangan, biaya asuransi hingga biaya transport tujuan studi. Setiap dua tahun sekali, Kemendikbud membuka pendaftaran untuk beasiswa ini.

Selain itu, program beasiswa pendidikan ke luar negeri dari Kemendikbud juga ditawarkan khusus kepada internal pegawai di lingkungan Kemendikbud. Hal tersebut dilakukan, guna meningkatkan kinerja serta profesionalisme para aparatur sipil negara di lingkup Kemendikbud.

Beasiswa ini sendiri meliputi, biaya pendidikan, biaya hidup, penelitian, biaya buku, biaya transportasi tujuan studi, tunjangan kedatangan, visa dan biaya asuransi. Adapun, pendaftaran bagi program beasiswa ini dibuka dalam dua gelombang untuk setiap tahunnya, pada Januari dan Juni.

Beasiswa LIPI atau Program Belajar Berbasis Riset

Program belajar berbasis riset (Degree by research) adalah penugasan yang diberikan oleh pejabat pembina kepegawaian kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk meningkatkan kompentsi pegawai negeri sipil melalui pendidikamn formal berbasis penelitian, pengembangan, dan pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa meninggalkan tugas kedinasan. 
 

Adapun Persyaratan Calon Peserta Program belajar berbasis riset (Degree by research): 

  1. PNS dengan pangkat minimal III/a;
  2. Lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi jenjang S2 atau S3
  3. Usia maksimal 3 (tiga) tahun sebelum batas usia pensiun bagi peserta jenjang S3, dan maksimal 2 (dua) tahun sebelum batas usia pensium bagi peserta jenjang S2;
  4. Direkomendasikan oleh kepala satuan kerja dan ketua kelompok penelitian atas rencana studi dan proposal penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian yang akan dilakukan, beserta kepastian pembiayaannya;
  5. Direkomendasikan oleh co-promotor (pembimbing pendamping) yang berasal dari kelompok penelitian pada satuan kerja atau instansi asal peserta;
  6. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, dan/ atas pemberhentian sementara sebagai PNS
  7. Tidak sedang menerima beasiswa tugas belajar dari lembaga/instansi lain dalam periode yang sama dan 
  8. Bersedia menjalankan sesuai dengan jenjang dan menyelesaikannya dengan tepat waktu. 

Persyaratan Co-Promotor :

  1. Memiliki kualifikasi pendidikan S3 (Doktor);
  2. Memiliki kepakaran yang sesuai dengan peserta program belajar berbasis riset (Degree by research);
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian atau menjadi bagian dari kelompok penelitian, pengembangan, dan atau pengkajian yang sesuai dengan tema kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian peserta program belajar berbasis riset (Degree by Research);
  4. Memberikan jaminan keberlangsungan kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian peserta program belajar berbasis riset (Degree by research);
  5. Mendapatkan persetujuan co-promotor dari perguruan tinggi yang dituju
  6. Co-promotor harus berasal dari satuan kerja atau instansi asal peserta. 

Masa Studi 

Masa Studi program belajar berbasis riset (Degree by research) jenjang S2 paling lama 4 (empat) semester. Sedangkan, program belajar berbasis riset (Degree by research) jenjang S3 paling lama 6 (enam) semester. Masa Studi yang ditetapkan akan menjadi acuan dalam pembayaran biaya akademis yang akan diberikan. 

Cara Mendaftar Program Bealajar Berbasis Riset 

Calon peserta program belajar berbasis riset (Degree by Research) dan calon co-promotor (pembimbing pendamping) mendaftar secara online melalui alamat http://byresearch.lipi.go.id.

Dokumen yang Diperlukan 

Ada beberapa dokumen persyaratan yang harus diunggah dalam sistem pendaftaran, diantaranya:

  1. Surat pengusulan dari kepala satuan kerja 
  2. Dokumen bukti kelulusan dalam seleksi masuk perguruan tinggi penyelenggara program belajar berbasis riset;
  3. Surat rekomendasi dan dukungan dari kepala satuan kerja bahwa program belajar berbasis riset yang akan didikuti oleh calon peserta telah sesuai dengan tema penelitian pada satuan kerja (sesuai dengan format dalam Lampiran);
  4. Surat pernyataan kesediaan menjadi pembimbing pendamping (co-promotor) (sesuai format dalam lampiran);
  5. Proposal penelitian pengembangan dan/atau pengkajian yang disetujui oleh kepala satuan kerja dan diketahui oleh ketua kelompok penelitian (untuk calon peserta dalam kategori SDM iptek);
  6. Proposal penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian disetujui oleh kepala satuan kerja (untuk calon peserta dalam kategori SDM pendukung iptek);
  7. Form isian biodata pengusul. 

Komponen Pembiayaan 

Adapun komponen biaya yang ditanggung oleh Pusbindiklat LIPI terdiird ari atas biaya akademis yang dibayarkan seluruhnya secara langsung kepada perguruan tinggi, pada awal masa perkuliahan yang diperhitungkan, meliputi: 

•    Uang kuliah, yaitu uang pendaftaran dan uang kuliah tunggal dan 
•    Uang monitoring dan evaluasi 

Adapun komponen biaya untuk pelaksanaan penelitian, pengembangan, dan /pengkajian peserta program belajar berbasis riset (Degree by Research) dibebankan pada satuan kerja asal, dan/atau sumber pembiayaan lainnya yang sah. 

Demikian beberapa beasiswa pendidikan gratis ke luar negeri dari lembaga pemerintah yang bisa Anda coba. Saat ini peluang bagi Anda untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa tersebut sudah lumayan terbuka lebar, karena setiap tahunnya pemerintah selalu menambah dana beasiswa.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai beasiwa pendidikan ke luar negeri yang disediakan oleh lembaga pemerintah Indonesia, silakan Anda melihatnya pada masing-masing laman lembaga bersangkutan.

*IDP adalah konsultan pendidikan luar negeri dan IDP bukan lembaga pemberi beasiswa. Jika Anda memerlukan beasiswa penuh (full scholarships), Anda bisa langsung menghubungi lembaga penyedia beasiswa. Jika Anda membutuhkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Australia, Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, dan Selandia Baru sebagai syarat beasiswa, konselor IDP Education akan memandu Anda untuk mendapatkan LoA tersebut.

IDP Education dengan penuh pengalaman dan kepercayaan selama lebih dari 45 tahun siap membantu dalam proses penempatan siswa untuk melanjutkan studi di luar negeri seperti, Australia, Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada dan Selandia Baru.

IDP juga dapat membantu mulai dari konsultasi hingga proses pendaftaran ke institusi pendidikan yang dipilih oleh siswa yang terdapat di Australia, Amerika Serikat, UK, Irlandia, Kanada, dan Selandia Baru. IDP senantiasa memberikan konsultasi gratis mengenai studi di negara-negara tersebut, serta membantu proses pendaftaran kepada insitusi pendidikan yang dipilih.

Mohon hubungi kantor IDP terdekat dari lokasi Anda, guna mendapatkan konsultasi studi ke luar negeri.




BACA JUGA :


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar