Kamis, 25 Mei 2023

Beasiswa yang Tersedia di Australia

 

Memperoleh beasiswa S3 bagi dosen yang merupakan lulusan program S2 adalah sebuah keberuntungan. Karena dengan demikian kompetensinya dalam sebuah bidang ilmu akan semakin bertambah. Riset dalam jenjang Doktoral pun pastinya menuntut proses yang lebih mendalam dibandingkan di tingkatan pendidikan yang lebih rendah. Setelah berhasil menyandang gelar doktor, seorang dosen juga cenderung lebih mudah mendapatkan pengakuan tertentu di dunia akademik seperti privilege untuk memimpin universitas sebagai dekan maupun rektor. Dengan kata lain, gelar ini bisa memperkuat kualifikasi Anda yang memiliki profesi dosen.

Salah satu kriteria lulus program doktoral adalah penelitian yang orisinal dan dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk mendukung kelancaran penelitian ini, banyak mahasiswa Doktroral yang berusaha mendaftar program Beasiswa S3 luar negeri. Pemerintah Indonesia menyediakan jalan keluar bagi mahasiswa S3 yang berkompetensi tinggi melalui beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP untuk program Doktor (S3) yang terkenal adalah Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) serta Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Doktoral. Simak ulasannya berikut ini:

1. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) dari Kemenristek Dikti untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pengajar

Untuk program pendidikan dosen, pemerintah menyelenggarakan program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI). Dosen yang dapat mengajukan program beasiswa S3 BUDI ini adalah para dosen yang bertugas di bawah pembinaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI). Walaupun bernama sama, program ini berbeda dengan program Beasiswa Unggulan yang dikelola oleh Kemendikbud. Jika Anda berminat, maka pastikan bahwa Anda berstatus sebagai dosen tetap yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S3.

Program Beasiswa Pascasarjana ini diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kualifikasi akademik tenaga pengajar Perguruan Tinggi. Melalui Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti mengadakan kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa BUDI ini terdiri dari dari beasiswa dalam negeri dan luar negeri.

2. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Doktoral dari LPDP

Berbeda dengan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia yang membidik dosen sebagai peserta program beasiswa S3, peserta Program beasiswa S3 BPI LPDP yang dikelola oleh Kemenkeu membidik lulusan Magister (S2) dari berbagai bidang ilmu. Bidang ilmu yang menjadi prioritas dalam program BPI ini adalah bidang Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran dan Kesehatan, Akuntansi dan Keuangan, Hukum, Agama, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, sampai Budaya, Seni dan Bahasa.

Dalam proses seleksi, Program Beasiswa Pendidikan Indonesia program Doktoral memprioritaskan Warga Negara Indonesia dengan kemampuan akademik yang unggul, dan berjiwa kepemimpinan yang kuat, dan yang pasti harus memiliki keinginan melaksanakan studi pada bidang ilmu, meskipun bidang ilmu itu berbeda dari bidang ilmu sebelumnya.

 




BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar