Jumat, 26 Mei 2023

Tips Belajar Ala B.J Habibie

 

Sosok B.J Habibi tak lepas dari perannya sebagi pembuat pesawat indonesia, yaitu N250 Gatot Kaca, pada tahun 1955. B.J Habibie bersama para insinyur dari perusahaan Spanyol CASA merancang proyek pesawat CN-235 yang prototipenya berhasil mengudara pada akhir 1983.

Kemudian bersama timnya di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), B.J Habibie merancang pesawat baling-baling dengan daya angkut sekitar 50 penumpang. Selain itu juga, pesawat ini bisa diperbesar hingga 70 penumpang.

Tips belajar ala B.J Habibie untuk masa depan cerah

Tips Belajar Ala B.J Habibie
Foto : B.J Habibie

B.J Habibie adalah salah satu tokoh terbesar dan kebanggaan Indonesia. Sang cendikiawan ini memiliki banyak hal menarik untuk dilakukan oleh anak bangsa. Tingkat kecerdasannya pun sudah bukan lagi menjadi rahasia umum.

Di samping itu ia merupakan tokoh yang sangat menginspirasi untuk menjadi pribadi yang cerdas dan luar biasa. Banyak juga orang-orang yang bertanya-tanya bagaimana cara dia belajar di usia muda. 

Nah, oleh karena itu Bintang punya 5 tips belajar ala B.J Habibie yang sudah Bintang rangkum dari beberapa sumber. Yuk Simak rangkumannya di bawah ini:

1. Bangun pagi

Tips belajar ala B.J Habibie yang pertama ialah bangun pagi, untuk membiasakan bangun pagi kamu perlu memperbaiki waktu tidur. Jika kamu adalah tipe orang yang suka begadang, kamu perlu memulai sedikit demi sedikit menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Tidurlah lebih awal, sekitar jam 9 atau 10 malam.

Jika kamu merasa kesulitan untuk bangun pagi, kamu bisa gunakan alarm atau jam weker supaya kamu bangun. Di samping itu, saat kamu bangun lebih pagi otak akan terasa lebih jernih dan fresh. Sehingga kamu akan lebih paham ketika belajar di waktu pagi.

2. Membangkitkan rasa ingin tahu

Tips Belajar Ala B.J Habibie
Foto : B.J Habibie

Cobalah untuk menyukai hal-hal yang kamu pelajari, dengan begitu saat belajar akan terasa lebih menyenangkan. Ketika kamu menyukai suatu pelajaran, biasanya kamu mendapatkan banyak informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran tersebut.

Setelah itu, coba buat pertanyaan dan jawaban dalam bahasa sendiri. Tips belajar ala B.J Habibie ini akan melatih pemahaman kamu serta menambah pengetahuan kamu.

3. Mengatur Jadwal Belajar

Tips belajar ala B.J Habibie selanjutnya yakni mengatur jadwal belajar. Setiap orang pasti memiliki kesibukan tersendiri. Kesibukan orang yang satu akan berbeda dengan kesibukan orang yang lainnya

Oleh karena itu, buatlah jadwal yang sesuai dengan aktivitas kamu. Tetapkan batas waktu antara belajar dan bermain, atur alarm jika perlu agar berfungsi tepat waktu.

4. Rajin membaca buku

Tips Belajar Ala B.J Habibie
Foto : B.J Habibie

Tips belajar ala B.J Habibie berikunya ini dapat meningkatkan kecerdasan otak loh. Bacalah buku apa pun yang sesuai dengan selera kamu. Tidak harus tetuju dengan buku pelajaran saja tetapi bacalah buku yang membuat kamu nyaman. 

Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikannya sesuai dengan genre buku yang kamu inginkan. Namun, bagi kamu yang tidak suka baca buku, sekarang teknologi semakin berkembang ada audio book yang tersebar di internet.

5. Manfaatkan waktu liburan

Tips belajar ala B.J Habibie terakhir yang bisa kamu tiru yakni manfaatkan waktu liburan. Isi waktu liburan kamu dengan kegiatan yang bermanfaat dan dapatkan kesempatan untuk menemukan hal-hal baru. Seperti kursus, pekerjaan paruh waktu, dan berpartisipasi dalam kompetisi.

Maka dari itu kamu bisa mulai membuat rencana liburan, kegiatan apa yang ingin kamu lakukan. Jangan biarkan waktu liburan kamu terbuang sia-sia. 





BACA JUGA :

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar