Jumat, 26 Mei 2023

LoA, Langkah Awal Mempersiapkan Beasiswa LPDP

 

Dapatkan Letter of Acceptance dengan lebih praktis bersama IDP

Sebagai salah satu program beasiswa pemerintah dengan manfaat yang besar, tak heran banyak pelajar Indonesia yang antusias untuk memperebutkan beasiswa LPDP. LPDP sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, yang pengelolaannya diawasi oleh 3 kementerian yaitu: Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kemenag. Beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP mencakup seluruh biaya untuk program pascasarjana Magister (S2) maupun Doktoral (S3). Bagi para siswa atau mahasiswa S1 atau S2 yang berminat tentunya perlu mempersiapkan diri dan mengasah kemampuan akademiknya karena harus bersaing dengan ribuan pelamar.

Salah satu persyaratan opsional untuk mendapatkan beasiswa LPDP yaitu LoA (Letter of Acceptance), yang tak lain adalah surat pernyataan dari universitas bahwa sang pendaftar beasiswa ini sudah diterima di universitas tersebut. Walaupun opsional, dengan adanya LoA maka Anda bisa meyakinkan para pewawancara dari LPDP bahwa Anda sudah memenuhi semua persyaratan dan lolos seleksi masuk universitas di negara tujuan belajar Anda nanti. Otomatis, posisi Anda pun bisa lebih terjamin dibandingkan jika memasuki tahap wawancara tanpa LoA di tangan Anda.

Letter of Acceptance sendiri terdiri dari dua macam.

beasiswa1.jpg

Unconditional Letter of Acceptance

LoA unconditional merupakan surat yang diberikan oleh perguruan tinggi yang isinya menyatakan bahwa Anda telah diterima sebagai calon mahasiswa perguruan tinggi tersebut tanpa ada syarat lain. Hal ini berarti Anda tidak perlu memenuhi persyaratan apa pun lagi dan hanya perlu membayar biaya kuliah saja serta mengikuti orientasi mahasiswa baru di universitas tersebut.

Dalam LoA sendiri tercantum beberapa informasi seperti:

  1. Jurusan kuliah
  2. Periode studi
  3. Waktu mulai perkuliahan 
  4. Ketereangan lanjutan seperti informasi pendaftaran ulang dan informasi pembayaran. 
beasiswa2.jpg

Conditional Letter of Acceptance

Berbeda dengan Unconditional Letter of Acceptance, Conditional Letter of Acceptance merupakan surat dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa Anda sudah diterima di perguruan tinggi tetapi ada persyaratan lain yang harus dipenuhi.  
Beberapa persyaratan yang biasaya harus dilengkapi saat menerima conditional Letter of Acceptance ini diantaranya adalah: 

  • Persyaratan Bahasa Asing  sesuai dengan bahasa pengantar di universitas tersebut.
  • Persyaratan akademik misalnya IPK minimal atau lulus matrikulasi dengan nilai tertentu
  • Kelengkapan dokumen seperti surat peryataan, transkrip nilai dan lain-lain.

Jika beberapa persyaratan tersebut telah kamu penuhi barulah nanti Anda akan menerima LoA Unconditional. 

Cara untuk Mendapatkan LoA

Untuk mendapatkan LoA tentunya Anda harus mencari tahu dulu persyaratan apa saja yang diperlukan untuk dikirim ke universitas. Untuk memulainya, Anda bisa browsing terlebih dahulu universitas mana tentunya yang menjadi incaran Anda. Kemudian, Anda bisa menuju ke halaman website resmi dari universitas untuk melihat persyaratan dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri. Setelah memastikan semua dokumen lengkap Anda bisa mengirimkan dokumen-dokumen tersebut via online dan mengisi formulir yang diberikan. Jika di nyatakan lulus Anda bisa mendapatkan LoA via email atau mendapatkan surat fisik yang dikirimkan ke alamat Anda. Maka dari itu pastikan untuk mengisi alamat Anda dengan lengkap dan benar yah! 

IDP siap memandu Anda saat memproses persyaratan ke universitas-universitas terkemuka dunia yang menjadi mitra kami. Melalui IDP anda akan mendapatkan pengumuman dari beberapa universitas terkemuka di luar negeri. Anda bisa memperoleh informasi mengenai beasiswa dan keringanan biaya pendaftaran di lebih dari 200 kampus terbaik di Australia, UK, US, Canada, dan New Zealand. Konselor IDP Education yang terdekat di kota Anda akan membantu Anda dan keluarga memahami semua pilihan yang tersedia dan memberikan panduan dalam setiap tahapan. Dimulai dari aplikasi Visa, aplikasi course, pembayaran biaya studi, sampai sesi pembekalan sebelum keberangkatan. Tunggu apa lagi? Kontak IDP sekarang dengan klik tombol dibawah ini.

Konsultasi Gratis Dengan IDP




BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar