Rabu, 24 Mei 2023

Beasiswa Amerika

 

Siswa yang ingin kuliah di Amerika dapat memperoleh beasiswa ke Amerika dari beragam sumber pemberian dana beasiswa. beasiswa di Amerika ditawarkan secara rutin oleh universitas-universitas di Amerika setiap tahunnya. Adapun beasiswa kuliah di Amerika ditawarkan dari tempat institusi di mana siswa sedang menempuh pendidikannya di Amerika. Beasiswa Amerika akan ditawarkan langsung dari Institusinya ataupun dari pihak fakultasnya. Universitas universitas terkenal di Amerika yang rutin membuka beasiswa Amerika termasuk Harvard University dan Ohio University.

Beasiswa untuk studi di Amerika banyak didanai oleh foundation internasional seperti beasiswa  dari Rotary Peace Fellowships, Huberth H. Humprey Fellowships dan Ford Foundation International Fellowships Program.

Beasiswa Amerika untuk indonesia ditawarkan juga oleh pemerintah Amerika. beasiswa pemerintah Amerika yang terkenal dari Amerika adalah beasiswa Fulbright atau disebut Fulbright Program yang dikelola oleh Institute of International Program. Program beasiswa Amerika ini banyak menawarkan pendidikan pasca sarjana di universitas-universitas Amerika termasuk beasiswa S2 Amerika dan beasiswa S3 Amerika.

Jika Anda menjadi penerima beasiswa Fullbright, Anda akan mendapatkan pembiayaan penuh mulai dari keberangkatan, biaya visa, uang saku selama kuliah, asuransi kesehatan, dana kuliah, dan biaya dukungan lainnya. Jika Anda masih belum lolos dan baru di tahap wawancara pun Anda akan mendapatkan biaya perjalanan untuk wawancara ke Jakarta jika Anda tinggal di luar kota.

Adapun fasilitas yang diterima oleh Anda jika lolos beasiswa ini diantaranya:

  • Tiket kelas ekonomi pulang pergi dari Indonesia ke Amerika Serikat
  • Dukungan visa J-1 yang merupakan visa non imigram untuk pelajar dan akademisi lainnya.Dana untuk biaya kuliah, biaya buku, biaya hidup dan piaya professional lainnya 
  • Asuransi kesehatan dan kecelakaan sesuai dengan aturan pemerintah AS.

Syarat Beasiswa Fullbright

Syarat Umum

  • Warga negara Indonesia dan bukan penduduk tetap di Amerika Serikat, serta tidak tinggal di AS
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan menunjukan pengalaman dalam melayani masyarakat.
  • Bisa berbahasa inggris dengan baik
  • Memiliki komitmen dan persiapan di bidang studi pelamar
  • Memiliki prestasi dalam bidang akademik
  • Berkomitmen kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright.
  • Bersedia untuk bekerja paling tidak selama 5 tahun sebelum pensiun.
  • Pemohon tidak memenuhi syarat jika:
  • Karyawan, anggota keluarga dekat karyawan atau tanggungan karyawan AMINEF, Kedutaan Besar AS atau departemen luar negeri AS.
  • Sedang mengejar gelar lain
  • Telah menerima beasiswa lain saat melamar
  • Sedang melamar program serupa untuk gelar ganda

Syarat Khusus

  • Bergelar Sarjana (S1) bagi pelamar jenjang magister
  • Bergelar Master (S2) Bagi pelamar jenjang doctoral
  • Memiliki IPK 3.0 dalam skala 4.0
  • Memiliki skor TOEFL ITP 550, atau skor TOEFL iBT 80, atau skor IELTS 6,5 atau skor Duolinggo 105.3

Syarat Dokume

  • Mengumpulkan formulir beasiswa yang sudah diisi, termasuk tujuan studi satu halaman, pernyataan pribadi satu halaman, sampel tulusan akademik dan karya bibiliografi yang pernah diterbitkan.
  • Salinan skor TOEFL ITP atau IELTS terbaru dengan jangan kurang dari 2 tahun
  • Dua surat rekomendasi, dari pemberi kerja atau dosen universitas.
  • Foto transkrip akademik dan ijazah dalam bahasa asli dan terjemahan bahasa inggris.
  • Fotokopi dokumen identitas diri yang masih berlaku dari KTP atau paspor
  • Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae

Pengumpulan aplikasi beasiswa Fullbright dilakukan secara offline (tidak melalui email). Ketika semua dokumen lengkap dam terpenuhi, kirimkan berkas dokumen ke alamat AMINEF.

Selain dari pemerintah Amerika, beasiswa untuk kuliah di Amerika ditawarkan juga oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah beasiswa DIKTI yang menawarkan beasiswa studi keluar negeri termasuk Amerika. Program beasiswa ini diperuntukan bagi kalangan didunia pendidikan. Program beasiswa yang diperuntukan kalangan lebih umum lagi adalah beasiswa Unggulan yang didanai dari APBN melalui Kementerian Pendidikan National. Adapaun program beasiswa lainnya seperti beasiswa Spirit dari BAPPENAS dan beasiwa Kementrian Kominfo menawarkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri termasuk di universitas-universitas di Amerika. Beasiswa LPDP yang didanai pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengundang daya tarik tinggi bagi siswa Indonesia yang bekeinginan kuliah di universitas terkenal luar negeri termasuk di Amerika.

Beasiswa untuk kuliah di Amerika, yang ditawarkan baik oleh institusi-institusi pendidikan Amerika, lembaga internasional, pemerintah Amerika atau pemerintah Indonesia umumnya memiliki syarat yang ketat dan ketentuan yang beragam.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa studi di Amerika umumnya adalah siswa sudah mencapai nilai akademik diatas rata-rata dalam pelajarannya di satu semester ataupun juga dalam pelajaran dalam satu tahun terakhir. Kemampuan berbicara dan menulis bahasa Inggris harus mencapai standar yang cukup tinggi dengan mencapai nilai tertentu dalam tes IELTS. Lulus dalam tes-tes akademik tertentu seperti GRE atau GMAT dan lulus dalam wawancara yang diadakan oleh pihak juri pemberi dana beasiswa. Beasiswa Amerika serikat pun memberi syarat bagi siswa untuk mempunyai beberapa tahun pengalaman kerja, bahkan ada syarat sudah mencapai kedudukan level manajerial dalam pekerjaannya. Harus menunjukan kemampuan sebagai pemimpin dan juga memperlihatkan komitmen dan tanggung jawab tinggi dalam keahlian yang didapatkan setelah program studinya berakhir dan kembali untuk memajukan negeri asalnya siswa.

Beasiswa dari beberapa universitas di Amerika dapat diajukan juga saat siswa sedang kuliah di institusi bersangkutan, termasuk beasiswa Amerika s1. Syarat yang diajukan adalah nilai akademik yang tinggi dari tingkat pendidikan terakhirnya, terutama siswa Indonesia harus bersaing dengan siswa Amerika yang mungkin lebih mendapatkan prioritas dalam proses seleksinya.

Beasiswa untuk studi di Amerika ditawarkan dalam aneka ragam paket, tergantung lembaga pemberi beasiwa Amerika yang bersangkutan. beasiswa Amerika dapat dalam bentuk pembebasan biaya kuliah sepenuhnya dalam berbagai lama durasi termasuk biaya penelitian di lapangan, atau juga dalam bentuk diskon atau pengurangan dari jumlah biaya studi yang dikenakannya. Bahkan beasiswa kuliah di Amerika dapat termasuk beasiswa penuh yaitu selain ditanggung biaya pendidikan, juga biaya hidup siswanya. Biaya ini termasuk biaya tiket pesawat, biaya asuransi kesehatan dan bahkan biaya tanggungan keluarga yang menyertai siswa kuliah di Amerika.

 




BACA JUGA :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar