Kamis, 25 Mei 2023

Kiat-kiat Meraih Beasiswa LPDP Berikut ini Jarang Diketahui Orang

 

Bagi Anda yang sedang mengincar beasiswa LPDP, tentunya sudah paham ketatnya prasyarat yang diwajibkan. Anda harus melengkapi dokumen-dokumen seperti ijazah sekolah, ijazah S1, CV, dan semua berkas sertifikat termasuk sertifikat TOEFL, TOEIC, IELTS sebagai bukti resmi penguasaan bahasa asing. Namun selain mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut, ada juga beberapa hal yang bisa mendukung proses aplikasi Anda saat mendaftar beasiswa LPDP. Sayangnya hal ini sering terlewatkan oleh para pemburu beasiswa, atau baru diurus di bulan-bulan terakhir menjelang tutupnya pendaftaran. Penasaran? Kiat-kiat berikut ini boleh Anda catat:

1. Memiliki Karakter Tertentu

Salah satu tahap saat seleksi beasiswa LPDP afirmasi, LPDP reguler, dan lainnya adalah tahap wawancara atau interview. Di tahap ini, para pewawancara akan menyaring mana kandidat yang paling memiliki karakter kepemimpinan, kemandirian, kepercayaan diri, nasionalisme, patriotisme profesionalisme, integritas, dan kegigihan. Sehingga bisa dipastikan, mereka yang berhasil mendapat beasiswa LPDP tak hanya memenuhi syarat secara administrasi tetapi juga memiliki karakter yang baik.

2. Aktif dalam Berbagai Kegiatan

Seorang pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa tentunya harus memiliki keunggulan dibanding pelajar lainnya. Salah satu kiatnya adalah dengan terlibat aktif dalam kegiatan sejak sedini mungkin. Mengikuti ekstrakurikuler saat di SMA, menjadi anggota OSIS dan kegiatan organisasi lainnya selama kuliah, sudah menjadi hal standar bagi pelamar beasiswa LPDP. Namun jika Anda belum sempat melakukannya selama sekolah dulu, jangan berkecil hati. Anda masih bisa menjadi volunteer dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, menciptakan inovasi dan melakukan riset, maupun tampil dalam ajang kreasi atau budaya. Hal-hal ini akan menambah nilai Anda.

3. Melampirkan Surat Keterangan Berbadan Sehat

Untuk beasiswa LPDP dengan tujuan luar negeri, peserta wajib melampirkan surat keterangan berbadan sehat (SKBS), surat keterangan bebas dari narkoba (SKBN), serta keterangan bebas TBC. Syarat-syarat ini sering dikesampingkan karena terkesan mudah, namun terkadang malah menjadi penghalang tersendiri ketika ternyata hasil pemeriksaan kesehatan ini ternyata kurang baik. Misalnya jika Anda positif terkena TBC, Anda harus berobat dulu selama 6 bulan. Hal ini tentu akan membuat Anda harus menunda untuk mendaftar beasiswa sampai Anda dinyatakan bebas dari TBC. Jika surat-surat ini sudah Anda dapatkan, pastikan juga masa berlakunya masih dalam batas 6-7 bulan ke depan sejak masa pendaftaran LPDP ditutup. Sebagai informasi, jadwal pendaftaran LPDP 2018 dibuka sejak 2 Juli 2018 dan ditutup pada 21 September 2018.

4. Mempersiapkan 2 Esai

Salah satu penilaian peserta LPDP adalah dari tulisan 2 buah esai, dengan tema “Sukses Terbesar dalam Hidupku” dan “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/lembaga/instansi/profesi komunitasku” masing-masing 500 sampai 700 kata. Esai ini akan menentukan apakah Anda cocok atau tidak untuk menerima beasiswa LPDP ini. Tipsnya, tulislah dengan realistis dan cantumkan kompetensi pribadi Anda dengan struktur bahasa yang efektif.

5. Memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari Kampus Tujuan Anda

LoA, alias surat penerimaan dari institusi adalah salah satu persyaratan opsional untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Walaupun opsional, dengan memiliki LoA baik yang sifatnya conditional maupun unconditional, maka Anda bisa tampil lebih meyakinkan, karena Anda sudah memenuhi semua persyaratan dan lolos seleksi masuk universitas di negara tujuan belajar Anda nanti.

Selain kelima hal di atas, ada beberapa hal lain yang harus Anda lengkapi sebelum penutupan pendaftaran LPDP nanti. Antara lain menyusun rencana studi berdasarkan kurikulum / silabus program studi yang diambil, dan surat pernyataan pribadi yang berisi poin-poin tertentu. Mempersiapkan hal-hal tersebut mungkin bisa menjadi tantangan yang cukup besar bagi Anda. Namun, Anda tak perlu merasa sendirian. Dapatkan bimbingan pada setiap tahap persiapan Anda dengan IDP Education. Mulai dari mempersiapkan tes IELTS sampai memproses LoA, dari membuat visa sampai mencari akomodasi di kota tujuan, kami siap membantu Anda. Ayo jadwalkan konsultasi dengan salah satu konselor IDP Education di kota Anda dengan mengisi form enquiry di halaman ini!

Baca Juga artikel mengenai Info Program Beasiswa LPDP Yang Harus Kamu Ketahui




BACA JUGA :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar